Selasa, 12 Agustus 2014

Kursus Mobil



Kursus Mobil


Awalnya saya tidak terlalu minat untuk belajar menyetir mobil. Sampai akhirnya mamah terus-terusan meminta saya untuk kursus mobil, apalagi saya sedang libur kuliah. Ya sudah saya akhirnya mendaftar di Dirgantara Jaya. Daerah Kelapa Dua – Depok. Tgl 9 Agustus 2014 sekitar jam 9 pagi saya mendaftar. Hingga akhirnya tibalah waktu hari pertama latihan. Tgl 12 Agustus 2014, jam 13.00 WIB. Dengan waktu latihan yang berdurasi 1 Jam, saya datang dan menandatangani daftar hadir, dengan Pak Ali sebagai tutor saya. Saya langsung di kasih kunci mobil, untuk mobil avanza hitam. Saya masuk ke mobil, di samping saya Pak ali itu, dan di belakang Bapak saya ikut. 

Pak ali memperkenalkan dirinya, lalu menjelaskan apa saja yang ada di dalam mobil, saya diminta menyalakan mobil, ketika sudah nyala lalu Pak Ali menjelaskan cara memegang stir, tuas yang ada di sebelah kanan, untuk sen kanan-kiri, ada lampu depan kecil, dan besar. Lalu tuas sebelah kiri untuk wipe, menggerakan alat untuk membersihkan kaca, dan untuk mengeluarkan airnya juga, sehingga dapat membersihkan debu. Kemudian ada gas, rem, dan kopling, yang memiliki perannya masing-masing. Lalu Perseneling (gigi mobil) yang ada gigi 1-2-3-4-5-R , gigi R untuk mundur. Ada juga rem tangan, yang ditarik keatas agar mobil berhenti ketika diparkir.

Mari kita bahas setelah perkenalan semua dashbor mobil yang ada. Pak ali bilang bahwa fungsi kopling untuk memulai saat memasukan gigi pertama, dan saat mengganti gigi untuk selanjutnya. Kemudian saat berhenti, injak kopling penuh sampai mentok kebawah, sambil di rem pelan-pelan.

1.     Saatnya saya diminta untuk menginjak kopling penuh kebawah, sambil memasukan gigi 1, dan melepas kopling pelan-pelan. Maka mobil akan berjalan pelan, tanpa harus di injak gasnya. Sambil Pak Ali mengarahkan saya harus mengatur stir kekanan atau kirinya, dengan melirik ke spion.

2.   Saat belokan kekiri, saya diminta memasang sen kiri, dan putar stir 2 putaran penuh. Sambil injak kopling kebawah penuh, dan injak rem pelan-pelan. Kemudian putar arah berlawanan stir dengan 2 putaran kekanan, lalu luruskan. Gas pelan-pelan sambil kopling lepas perlahan.

3.  Kontrol posisi mobil, dengan melihat spion, dan mengatur stir mobil. Jaga keseimbangan gas. Jadikan tumit kaki kanan sebagai tumpuan, untuk menginjak antara gas atau rem. Kaki kiri untuk menginjak kopling saja. 

4.   Masih tetap gigi 1 saya terus diarahkan untuk memperhatikan laju mobil antara mobil saya dengan kendaraan lain. Biarkan saja kendaraan lain mendahului kita. Jangan lupa selalu kasih sen untuk belok kekanan ataupun kiri.

Secara keseluruhan itu yang saya pelajari hari ini, ternyata sangat menyenangkan tidak serumit yang ada dibayangan saya sebelumnya. Pak ali sempat bilang, kalau saya cukup cepat dan bisa diajari. Apa saya pernah belajar sebelumnya? Tanya pak Ali, saya jawab belum pernah. Padahal kenapa saya bisa selancar itu, karena sebelumnya saya sudah membaca artikel di google tentang cara manual belajar mobil, dan secara seksama saya perhatikan petunjuknya. Sehingga saat latihan langsung, saya sudah cukup paham, tinggal mengikuti perintah tutornya. 

Sampai bertemu di hari ke2 belajar mobilnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar