Kursus
Mobil
Awalnya
saya tidak terlalu minat untuk belajar menyetir mobil. Sampai akhirnya
mamah terus-terusan meminta saya untuk kursus mobil, apalagi saya sedang libur
kuliah. Ya sudah saya akhirnya mendaftar di Dirgantara Jaya. Daerah Kelapa Dua –
Depok. Tgl 9 Agustus 2014 sekitar jam 9 pagi saya mendaftar. Hingga akhirnya
tibalah waktu hari pertama latihan. Tgl 12 Agustus 2014, jam 13.00 WIB. Dengan
waktu latihan yang berdurasi 1 Jam, saya datang dan menandatangani daftar
hadir, dengan Pak Ali sebagai tutor saya. Saya langsung di kasih kunci mobil,
untuk mobil avanza hitam. Saya masuk ke mobil, di samping saya Pak ali itu, dan
di belakang Bapak saya ikut.
Pak ali
memperkenalkan dirinya, lalu menjelaskan apa saja yang ada di dalam mobil, saya
diminta menyalakan mobil, ketika sudah nyala lalu Pak Ali menjelaskan cara
memegang stir, tuas yang ada di sebelah kanan, untuk sen kanan-kiri, ada lampu
depan kecil, dan besar. Lalu tuas sebelah kiri untuk wipe, menggerakan alat untuk
membersihkan kaca, dan untuk mengeluarkan airnya juga, sehingga dapat
membersihkan debu. Kemudian ada gas, rem, dan kopling, yang memiliki perannya
masing-masing. Lalu Perseneling (gigi mobil) yang ada gigi 1-2-3-4-5-R , gigi R
untuk mundur. Ada juga rem tangan, yang ditarik keatas agar mobil berhenti
ketika diparkir.
Mari kita
bahas setelah perkenalan semua dashbor mobil yang ada. Pak ali bilang bahwa fungsi
kopling untuk memulai saat memasukan gigi pertama, dan saat mengganti gigi
untuk selanjutnya. Kemudian saat berhenti, injak kopling penuh sampai mentok
kebawah, sambil di rem pelan-pelan.
1. Saatnya
saya diminta untuk menginjak kopling penuh kebawah, sambil memasukan gigi 1,
dan melepas kopling pelan-pelan. Maka mobil akan berjalan pelan, tanpa harus di
injak gasnya. Sambil Pak Ali mengarahkan saya harus mengatur stir kekanan atau
kirinya, dengan melirik ke spion.
2. Saat
belokan kekiri, saya diminta memasang sen kiri, dan putar stir 2 putaran penuh.
Sambil injak kopling kebawah penuh, dan injak rem pelan-pelan. Kemudian putar
arah berlawanan stir dengan 2 putaran kekanan, lalu luruskan. Gas pelan-pelan
sambil kopling lepas perlahan.
3. Kontrol
posisi mobil, dengan melihat spion, dan mengatur stir mobil. Jaga keseimbangan
gas. Jadikan tumit kaki kanan sebagai tumpuan, untuk menginjak antara gas atau
rem. Kaki kiri untuk menginjak kopling saja.
4. Masih
tetap gigi 1 saya terus diarahkan untuk memperhatikan laju mobil antara mobil
saya dengan kendaraan lain. Biarkan saja kendaraan lain mendahului kita. Jangan
lupa selalu kasih sen untuk belok kekanan ataupun kiri.
Secara
keseluruhan itu yang saya pelajari hari ini, ternyata sangat menyenangkan tidak
serumit yang ada dibayangan saya sebelumnya. Pak ali sempat bilang, kalau saya
cukup cepat dan bisa diajari. Apa saya pernah belajar sebelumnya? Tanya pak
Ali, saya jawab belum pernah. Padahal kenapa saya bisa selancar itu, karena
sebelumnya saya sudah membaca artikel di google tentang cara manual belajar
mobil, dan secara seksama saya perhatikan petunjuknya. Sehingga saat latihan
langsung, saya sudah cukup paham, tinggal mengikuti perintah tutornya.
Sampai
bertemu di hari ke2 belajar mobilnya :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar